.::Berbagi Ilmu Komputer dan Pendidikan::.
Loading...

IBM Ciptakan Chip Komputer Mirip Otak Manusia

NUR WAHID | 11/28/2014 10:49:00 PM | | Dilihat 0 kali 0 Komentar
Perusahaan teknologi IBM telah mengumumkan proyek SyNAPSE kerjasama dengan Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Proyek senilai USD 21 juta yang diberi nama SyNAPSE (Systems of Neuromorphic Adaptive Plastic Scalable Electronics) itu merupakan pengembangan chip komputer yang cara kerjanya dirancang menyerupai sistem di otak manusia.


Chip neurosynaptic ini mengkreasikan fenomena antara sel saraf dan sinapsis (titik temu antar saraf satu dengan lainnya) dalam sistem biologis otak. Artinya, chip itu dirancang agar komputer tak hanya bisa melakukan kalkulasi penghitungan tetapi juga mampu berpikir secara mandiri dan memproses sinyal suhu udara, suara maupun pergerakan manusia.

"Tujuan proyek ini adalah untuk mengubah paradigma von Neuman yang telah menguasai arsitektural komputer selama lebih dari setengah abad," kata pimpinan proyek di IBM Research, Dharmendra Modha. "Aplikasi komputerisasi di masa depan akan meningkat dari sisi fungsi dan tak akan lagi efisien jika menggunakan cara yang tradisional. Chip ini merupakan langkah signifikan dalam evolusi komputer dari kalkulator menjadi sistem pembelajaran."

Dalam uji cobanya, IBM telah menyiapkan dua prototipe chip "otak" yang dikembangkan oleh hampir 100 ilmuwan. IBM menargetkan proyek ini berjalan enam tahun dan berharap kemampuan chip tersebut untuk memonitor masalah cuaca ataupun bencana bisa berkembang. (wk/ri)

Post By : NUR WAHID | Ilmu Komputer dan Pendidikan

Terimah Kasih telah membaca artikel IBM Ciptakan Chip Komputer Mirip Otak Manusia. Yang ditulis oleh NUR WAHID .Pada hari Jumat, 28 November 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

Bagikan Artikel :
Komentar
0 Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar yang Relevan dan Sopan

- Gunakanlah Kata-kata yang baik, Sopan dan Santun
- Di larang Keras Berkomentar yang Berbau SARA ,Pornografi,Pelecehan dan Kekerasan

My Link

 
Visit Us : Contact US | Disclaimer | Term Of Service | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2012. Ilmu Komputer dan Pendidikan - All Rights Reserved
www.nurwahid.id by NUR WAHID