.::Berbagi Ilmu Komputer dan Pendidikan::.
Loading...

Instalasi Ubuntu 12.04 (Alternate)

NUR WAHID | 12/13/2014 04:35:00 PM | | Dilihat 0 kali 0 Komentar
Untuk persiapannya sederhana saja, sama seperti dengan instalasi Ubuntu dengan versi yang biasa. Yang perlu disiapkan adalah:
  • PC yang akan diinstal (yaiyalah..)
  • 1 Partisi HDD pada PC yang akan diinstall
  • iso Ubuntu 12.04 Alternate untuk PC yang akan diinstal
    Disini, anda bisa burn iso ke CD atau buat pake FD. Kalau saya sih lebih pilih pake FD, soalnya lebih cepat proses instalasinya, ga berisik pula. Atau kalau yang mau kerenan anda bisa buat server netinstall untuk install iso alternate lewat network, yang mana ga akan saya bahas kali ini. Mungkin nanti kalau ada waktu dan request :p.
Pastikan kamu sudah mengeset First Boot Device alias device pertama yang akan diboot ke media yang kamu gunakan untuk instalasi (CD atau FD atau network :p). Saat dijalankan, PC akan melakukan proses booting dari media installer. Sehingga akan memunculkan tampilan seperti gambar berikut ini.
Menu Awal Installer Alternate
Menu Awal Installer Alternate
Seperti yang dapat anda lihat, tampilan awal dari installer dengan tipe alternate tak jauh berbeda dengan versi Live CD. Hanya di tipe installer tidak ada pilihan untuk mencoba Ubuntu secara live. Jadi, langsung saja pilih menu “Install Ubuntu”.
Selanjutnya proses akan dipersiapkan, dan anda akan dihadapkan dengan prompt untuk memilih bahasa. Kita gunakan saja Bahasa Inggris yang standar.
Pemilihan Bahasa
Pemilihan Bahasa
Prompt selanjutnya adalah prompt yang meminta data lokasi tempat anda tinggal yang selanjutnya akan menentukan Time Zone. Pilih sesuai dengan lokasi anda.
Pemilihan Lokasi
Pemilihan Lokasi
Apabila muncul prompt yang menanyakan apakah anda ingin sistem untuk mendeteksi tipe keyboard anda secara otomatis, sebaiknya tolak dengan menekan enter pada NO.
Pendeteksian Keyboard
Pendeteksian Keyboard
Lebih baik pilih keyboard USA-USA secara manual pada prompt selanjutnya. Setelah keyboard dipilih, maka proses akan melanjutkan persiapan file instalasi.
Persiapan file instalasi
Persiapan file instalasi
Setelah itu, sistem akan mencoba mendeteksi apakah anda terkoneksi dengan internet atau tidak. Tapi sebaiknya saat ini anda tidak terkonfigurasi dengan internet terlebih dahulu. Jadi pilih pilihan “Do not configure the network this time”.
Konfigurasi Network
Konfigurasi Network
Bagian-bagian administratif terakhir adalah dimana anda diminta data mengenai hostname (nama komputer), username, dan password. Untuk hostname, apabila anda terhubung ke suatu workgroup tidak boleh ada nama yang sama antara komputer dalam workgroup itu. Username dan password boleh saja sama dengan yang lain. Tapi buat apa menyamakan username dan password anda dengan komputer orang lain? Username dan password sangat penting pada sistem operasi linux. Karena kita akan selalu diminta data tersebut saat melakukan hal administratif, jadi jangan lupa username dan password anda.
Pemberian Hostname
Pemberian Hostname
Pemberian Username
Pemberian Username
Pemberian password
Pemberian password
Selanjutnya kita akan memasuki bagian partisi harddisk. Mulai bagian ini, tampilan yang muncul pada tutorial ini mungkin akan berbeda pada komputer anda. Namun secara garis besar, tugas yang akan kita lakukan sama. Pilih Manual supaya partisi dapat lebih yakin kita buat.
Bagaimana HD akan dipartisi?
Bagaimana HD akan dipartisi?
Pilih harddisk mana yang akan anda partisi, lalu tekan yes saat anda dikonfirmasi mengenai pilihan anda pada prompt sebelumnya.
Pilih HDD mana yang akan dipartisi
Pilih HDD mana yang akan dipartisi
Konfirmasi pemilihan HDD yang akan dipartisi

Konfirmasi pemilihan HDD yang akan dipartisi
Pilih tabel partisi baru anda, letaknya ada di bawah tulisan info Harddisk anda. Lalu pilih Create a New Partition.
Pilih Tabel Partisi yang Akan Diolah
Pilih Tabel Partisi yang Akan Diolah
Anda akan ditanya berapa ukuran partisi baru yang akan anda buat. Sesuaikan dengan kapasitas harddisk anda. Karena saat ini kita akan buat partisi untuk root (/), maka sisakan sedikit untuk partisi swap. Untuk besar pasrtisi swap biasanya disarankan 2 kali ukuran RAM anda.
Ukuran Partisi Baru yang DIbuat
Ukuran Partisi Baru yang DIbuat
Pada prompt selanjutnya ubah bagian mount point menjadi root dan bagian bootable diganti menjadi yes.
Konfigurasi Partisi Baru
Konfigurasi Partisi Baru
Pilih / untuk mount point
Pilih / untuk mount point
Lalu tekan Done setting up partition.
Anda akan kembali pada prompt tabel partisi. Selanjutnya buat partisi swap dengan cara yang sama, hanya ubah bagian Use as menjadi swap area.
Prompt "Use As" pilih Swap Area
Prompt “Use As” pilih Swap Area
Lalu anda akan dikembalikan ke prompt tabel partisi lagi. Setelah partisi untuk root dan swap selesai dibuat, anda bisa pilih Finish Partitioning and Write Change to disk Setelah itu, anda akan dihadapkan dengan layar yang berisi info tentang partisi yang akan anda buat untuk konfirmasi. Jadi, tekan Yes saja.
Persiapan Pemartisian Selesai, pilih Finish
Persiapan Pemartisian Selesai, pilih Finish
Selanjutnya tunggu proses pemartisian dan instalasi selesai.
Proses Instalasi
Proses Instalasi
Terakhir anda akan ditanya apakah GRUB akan diinstall, pilih YES.
Akhir Instalasi, Pilih YES untuk instal GRUB Loader
Akhir Instalasi, Pilih YES untuk instal GRUB Loader
Dan voila, Ubuntu 12.04 pun sudah terinstal. Tak ada bedanya dengan hasil menginstall dengan Live CD kan? ;)
Desktop Environment Ubuntu 12.04
Desktop Environment Ubuntu 12.04

Post By : NUR WAHID | Ilmu Komputer dan Pendidikan

Terimah Kasih telah membaca artikel Instalasi Ubuntu 12.04 (Alternate). Yang ditulis oleh NUR WAHID .Pada hari Sabtu, 13 Desember 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

Bagikan Artikel :
Komentar
0 Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar yang Relevan dan Sopan

- Gunakanlah Kata-kata yang baik, Sopan dan Santun
- Di larang Keras Berkomentar yang Berbau SARA ,Pornografi,Pelecehan dan Kekerasan

My Link

 
Visit Us : Contact US | Disclaimer | Term Of Service | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2012. Ilmu Komputer dan Pendidikan - All Rights Reserved
www.nurwahid.id by NUR WAHID