.::Berbagi Ilmu Komputer dan Pendidikan::.
Loading...

Strategi Pelaksanaan In Service Training Program Keahlian Ganda

NUR WAHID | 3/07/2017 10:14:00 PM | | Dilihat 0 kali 0 Komentar






A.  Desain Program

Desain pelaksanaan Program Keahlian Ganda dilaksanakan melalui beberapa kegiatan yaitu:  1) belajar  mandiri  terbimbing  yang  dilaksanakan  di  SMK  sekolah  tempat  guru mengajar  atau pada  SMK  lain  sebagai  tempat  magang  (On-Service  Training),  2) pendidikan  dan pelatihan (In-Service  Training), 3)  magang  kerja di dunia  usaha  dan dunia  industri  (DU/DI),  dan  4) diakhiri  dengan  sertifikasi  keahlian  oleh  Lembaga Sertifikasi  Profesi  (LSP)  dan  sertifikasi guru  dalam  jabatan  melalui  Pendidikan  dan Latihan  Profesi  Guru  (PLPG).  Desain  Keahlian Ganda  dengan  menggunakan  sistem berlapis (sandwich system) On-In-On-In service training digambarkan sebagai berikut.

Gambar  1 Desain Program Keahlian Ganda untuk memenuhi Guru Produktif di SMK

B.  Pelatihan Instruktur 

Sebagai  persiapan  untuk  pelaksanaan  IN-1  dan  IN-2,  PPPPTK/LPPPTK-KPTK melaksanakan  Pelatihan  Instruktur  Program  Keahlian  ganda  untuk  melatih  instruktur memperdalam materi-materi pada modul IN-2.

1.  Struktur Program Pelatihan Instruktur

Pelatihan  instruktur  Program  Keahlian  Ganda  menggunakan  pola  100  JP  tatap muka. Struktur program Pelatihan Instruktur dapat dilihat pada tabel 1.

Tabel 1. Struktur Program Pelatihan Instruktur Program Keahlian Ganda
2.  Peserta Pelatihan Instruktur

a.  Guru  yang  diprioritaskan  menjadi  instruktur  adalah  guru  produktif  yang mengajar paket keahlian di tempat pelaksanaan IN-1 dan IN-2.
b.  Direkomendasikan  oleh Kepala Sekolah tempat IN-1 dan diketahui oleh Dinas Pendidkan.

3.  Fasilitator Pelatihan Instruktur

Fasilitator  pelatihan  instruktur  adalah  widyaiswara  PPPPTK/LPPPTK-KPTK  sesuai dengan paket keahlian yang dikuasainya.

4.  Penilaian Pelatihan Instruktur 

Penilaian pada Pelatihan Instruktur  dilakukan secara komprehensif untuk menjamin kegiatan terlaksana  dengan  baik,  transparan,  terukur  dan  berkualitas.  Penilaian terdiri  dari  penilaian peserta,  penilaian  fasilitator,  dan  penilaian  terhadap penyelenggara.Penilaian  terhadap  peserta meliputi  penilaian  sikap,  keterampilan  dan  tes  akhir. Formulasi Nilai Akhir Pelatihan Instruktur adalah sebagai berikut:

NA = [{(NS x 40%)+(NK x 60%)} x 60%] + [TA x 40%]

NA   = Nilai Akhir 
NS   = Nilai Sikap (rerata nilai semua aspek sikap yang dinilai) 
NK  = Nilai Keterampilan (rerata nilai keterampilan dari setiap materi) 
TA   = Nilai Tes Akhir (nilai pengetahuan)

Peserta dinyatakan lulus apabila mendapat nilai akhir > 70.
Penilaian terhadap fasilitator dan penyelenggara menggunakan format seperti pada 
lampiran 8 dan 9.


C.  Penetapan Pusat Belajar
1.  Adanya kelengkapan sarana dan prasarana sesuai dengan paket keahlian (sekolah rujukan dan atau sekolah dengan akreditasi A).
2.  Lokasi penginapan tidak terlalu jauh dengan pusat belajar.
3. Diprioritaskan  sekolah  yang  menjadi  Tempat  Uji  Kompetensi  (TUK)  atau  dapat melaksanakan kegiatan tes akhir online.
4.  Diproritaskan sekolah yang memiliki Tempat Uji Kompetensi Keahlian.

D.  Penetapan Industri Tempat Magang ON-2

1.  Adanya  MoU  antara  sekolah  dengan  industri  yang  sesuai  dengan  paket keahliannya.
2.  Adanya  MoU  antara  PPPPTK/LPPPTK-KPTK  dengan  industri  yang  sesuai  dengan paket keahliannya.
3.  Peserta magang dibimbing oleh Supervisor Industri.

E.  SIM Diklat Program Keahlian Ganda

Sistem  Informasi  Manajemen  (SIM)  Diklat  merupakan  bagian  penting  dan  tidak terpisahkan dari keseluruhan penyelenggaraan Program Keahlian Ganda. Ketersediaan SIM  diklat  dalam penyelenggaraan  Program  Keahlian  Ganda  akan  memudahkan PPPPTK/LPPPTK-KPTK mengikuti  alur  informasi  yang  harus  dilakukan  sesuai  paket keahlian dan wilayah tugasnya masing-masing. Untuk memberikan gambaran skematik SIM  Diklat  Program  Keahlian  Ganda, berikut  ini  disajikan  alur  sistem  informasi manajemen pada penyelenggaraan Program Keahlian Ganda.


1.  Penetapan  peserta  ON  yang  berhak  mengikuti  IN  sesuai  dengan  Panduan  Evaluasi On Service Training Program Keahlian Ganda
2.  Kelas dibuat oleh PPPPTK/LPPPTK-KPTK
a.  Admin  (dikoordinasikan  oleh  kasi  data  dan  informasi):  membuat  kelas, melengkapi atribut kelas, menentukan pengelola kelas (operator)
b.  Operator: melengkapi data peserta sesuai dengan kelas yang menjadi tanggung jawabnya
c.  Atribut  kelas:  Pejabat,  panitia,  tempat  kegiatan  (PB),  paket  keahlian,  periode pelaksanaan diklat
3.  Proses kegiatan diklat
a.  Registrasi Peserta
b.  Kegiatan Post Test ON dan IN, di PB/TUK yang sudah ditetapkan, menggunakan aplikasi UKG.
c.  Dokumen Kegiatan
  • Presensi
  • Penilaian (NS, NK)
  • Tes Akhir (TA)
  • Nilai Akhir (NA)
4.  Unggah hasil diklat
Dokumen yang diunggah: kelas, peserta, presensi, nilai

Post By : NUR WAHID | Ilmu Komputer dan Pendidikan

Terimah Kasih telah membaca artikel Strategi Pelaksanaan In Service Training Program Keahlian Ganda. Yang ditulis oleh NUR WAHID .Pada hari Selasa, 07 Maret 2017. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

Bagikan Artikel :
Komentar
0 Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar yang Relevan dan Sopan

- Gunakanlah Kata-kata yang baik, Sopan dan Santun
- Di larang Keras Berkomentar yang Berbau SARA ,Pornografi,Pelecehan dan Kekerasan

My Link

 
Visit Us : Contact US | Disclaimer | Term Of Service | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2012. Ilmu Komputer dan Pendidikan - All Rights Reserved
www.nurwahid.id by NUR WAHID