.::Berbagi Ilmu Komputer dan Pendidikan::.
Loading...

Bahaya Menggunakan Laptop Diatas Kasur dan Ini Alasannya

NUR WAHID | 6/08/2018 09:35:00 AM | | | Dilihat 0 kali 0 Komentar

Laptop merupakan sebuah sistem komputer yang portabel. Dengan memakai laptop, kita bisa berpindah-pindah lokasi untuk menggunakan sistem komputer ini. Mulai dari rumah ke kantor, lalu ke kafe, kita bisa bersama terus dengan laptop kita.

Meski bisa dibawa pindah-pindah ke banyak tempat, rupanya ada beberapa tempat yang tidak bisa kita pakai untuk menaruh laptop. Salah satunya adalah di kasur atau diatas kasur. Penasaran alasannya? Dan berikut alasan bahaya pakai laptop di kasur yang ingin Jaka bagikan pada kamu semua.

Alasan Bahaya Pakai Laptop di Kasur

Memakai laptop di atas kasur pada umumnya cukup sering dilakukan oleh banyak pengguna laptop. Alasan terbesarnya biasanya karena mau main laptop sambil tiduran. Namun ternyata sebaiknya kamu nggak melakukan hal tersebut. Kenapa? Berikut adalah alasannya.

1. Membuat Sirkulasi Panas Laptop Tidak Lancar

Alasan yang pertama adalah sirkulasi panas laptop tidak lancar saat di atas kasur. Banyak model laptop mempergunakan bagian bawah laptop sebagai intake untuk ventilasi udara. Karena permukaan kasur yang tidak rata kerap kali menutup lubang ventilasi udara tersebut.

Akibatnya memang laptop kamu tidak akan langsung rusak begitu saja. Tapi hal ini dapat dipastikan akan membuat laptop kamu cepat rusak. Penyebabnya sudah jelas, yaitu karena panas berlebih.

2. Mengakibatkan hard disk berguncang

Alasan selanjutnya adalah karena membuat hard disk berguncang. Hard disk cara kerja dasarnya adalah sebuah piringan seperti CD atau DVD yang berputar dengan sangat cepat. Karena permukaan kasur yang empuk, hal ini akan sering membuat laptop berguncang.

Dengan begitu, tentu akan membuat hard disk kamu juga ikut berguncang. Karena guncangan hard disk, besar kemungkinan piringan hard disk kamu menjadi tidak stabil dan lecet. Akibatnya hard disk kamu akan menjadi cepat rusak, bahkan rusak total.

3. Banyak debu bisa masuk



Penggunaan laptop di atas kasur bisa saja menyebabkan debu masuk melalui lubang-lubang. Memang lubang di bawah anginnya berhembus keluar, tetapi jangan lupa samping laptop terdapat lubang juga. Lalu pada keyboard juga terdapat celah-celah di antara tombol. Kalau sampai debu menyumpal di situ mengakibatkan tombol tidak berfungsi.


4. Faktor kenyamanan dan kesehatan


Main laptop di atas kasur memang sangat nyaman. Permukaan yang empuk dan bisa dilakukan sambil rebahan, bolak-balik sampai miring segala. Jika sudah posisi seperti ini biasanya membuat kita malas bergerak lagi. Nah jika tidak bergerak ke arah lainnya, ternyata makin lama terasa pegal juga.



Selain pegal, pemakaian laptop dengan posisi miring ternyata juga tidak baik untuk kesehatan. Selain otot-otot badan jadi tak seimbang, mata juga perlu diperhatikan. Kalau tidak percaya, silakan tanya ke ahli apakah melihat layar monitor dalam posisi tidur baik untuk indera penglihatan?


5. Kecalakaan


Kasur sejatinya tempat tidur. Pemakaian laptop di atasnya biasanya dilakukan saat malam menjelang istirahat. Bila sangken mengantuk bukan tidak mungkin penggunanya ketiduran. Kemudian terlelap tanpa sempat mematikan dan memindahkan laptop yang berada di dekatnya.

Namanya tidur pasti tidak sadar bergerak sana-sini. Apalagi sebagian orang gerakannya ekstrem. Bila mengguling ke arah laptop, coba bayangkan: tertindih badan saja bisa berakibat fatal, apalagi tersenggol dan jatuh? Pasti hancur. Bila kasurnya tinggi pasti tambah parah.

Solusi Apabila Terpaksa Harus Pakai Laptop Di Atas Kasur..

Apabila ada suatu kondisi yang memaksa kamu untuk memakai laptop di atas kasur, kamu bisa memakai meja kecil portabel atau menggunakan alas lainnya yang memudahkan sirkulasi udara. Dengan memakai alat tersebut, kamu bisa mengatasi kemungkinan nomor 1.


nah itu lah beberapa bahaya menggunakan laptop di atas kasur, semoga bermanfaat, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar di bawah ini. 




sumber : jalantikus.com | interogator.com

Post By : NUR WAHID | Ilmu Komputer dan Pendidikan

Terimah Kasih telah membaca artikel Bahaya Menggunakan Laptop Diatas Kasur dan Ini Alasannya. Yang ditulis oleh NUR WAHID .Pada hari Jumat, 08 Juni 2018. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

Bagikan Artikel :
Komentar
0 Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar yang Relevan dan Sopan

- Gunakanlah Kata-kata yang baik, Sopan dan Santun
- Di larang Keras Berkomentar yang Berbau SARA ,Pornografi,Pelecehan dan Kekerasan

My Link

 
Visit Us : Contact US | Disclaimer | Term Of Service | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2012. Ilmu Komputer dan Pendidikan - All Rights Reserved
www.nurwahid.id by NUR WAHID