.::Berbagi Ilmu Komputer dan Pendidikan::.
Loading...

Lakukan Cara Ini Sebelum Melakukan Installasi Aplikasi Dapodik Terbaru

NUR WAHID | 8/19/2018 08:51:00 PM | | | Dilihat 0 kali 0 Komentar




















Setelah dinanti-nanti oleh operator dapodik, akhirnya dirilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 dimana terdapat perubahan yang cukup signifikan dengan penggunaan database versi baru, pembaruan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, serta perbaikan beberapa bug versi sebelumnya. Sejak dirilisnya Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 ini, maka Aplikasi Dapodikdasmen versi sebelumnya (2018, 2018.b patch 1 dan patch 2) dinyatakan tidak berlaku dan tidak dapat digunakan lagi.

Secara teknis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 telah menggunakan database yang baru, oleh karenanya Aplikasi Dapodikdasmen versi sebelumnya (2018, 2017b patch 1 dan patch 2) tidak dapat langsung di upgrade ke Dapodikdasmen versi 2019, akan tetapi harus melakukan install ulang dan registrasi ulang. Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 hanya dirilis dalam bentuk INSTALLER dan tidak ada versi UPDATER.

Maka dari itu sebelum installasi dapodik baru di lakukan , ada baiknya kita melakukan beberapa hal di bawah ini, agar installasi berjalan lancar dan sukses.

Pengaturan Waktu pada Komputer
Silahkan  melakukan pengaturan waktu pada komputer anda dengan benar,pastikan  zona  waktu  yang  dipilih sesuai  dengan  wilayah setempat. Contoh untuk pengisian zona waktu WIB (Waktu Indonesia Barat) pilih zona waktu (UTC+07:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta).

Program Pengamanan dinonaktifkan
Agar proses instalasi aplikasi Dapodik dapat berjalan dengan lancar, Jika Komputer/laptop anda menggunakan  beberapa program pengamanan perlu dinonaktifkan, contohnya:
•  Deep Freeze: harus dinonaktifkan.
•  Antivirus yang membuat service database tidak berjalan sebagaimana
seharusnya  misalnya  Avast,  Avira,  Symantec,  Antivir  harus
dinonaktifkan atau dihapus. Antivirus yang disarankan yaitu Windows
Defender  atau  Microsoft  Essentials.  Antivirus  ini  dapat  diunduh  di
laman resmi Windows dan tidak berbayar.
•  Windows  Firewall  dinonaktifkan  jika  ingin  menggunakan  entri  data
dengan menggunakan jaringan . Baca >> Cara Mematikan Firewall di Windows 7, 8 dan 10 

Bersihkan Cache / Sampah Pada Komputer Anda

Hal ini di lakukan agar kondisi komputer / laptop anda menjadi fresh kembali tanpa adanya sampah-sampah dari aplikasi dapodik sebelumnya, baik itu cache komputer, cache browser anda.
Penghapusan cache / sampah pada komputer dapat di lakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan program tambahan pada komputer ( ex : ccleaner ) dan tanpa menggunakan program, yaitu menghapus pada masing-masing browser. Silahkan lihat video di bawah ini,cara hapus cache komputer tanpa program tambahan:


Pastikan Komputer atau Laptop Anda Sedang Tidak Terkena Virus
 
Setelah hal di atas sudah anda lakukan, jangan lupa untuk merestart komputer anda sebelum melakukan installasi aplikasi dapodik.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan operator se-indonesia, jika kiranya artikel ini bermanfaat, silahkan donasi dengan klik iklan. Terima Kasih, Salam Operator Indonesia.

Post By : NUR WAHID | Ilmu Komputer dan Pendidikan

Terimah Kasih telah membaca artikel Lakukan Cara Ini Sebelum Melakukan Installasi Aplikasi Dapodik Terbaru. Yang ditulis oleh NUR WAHID .Pada hari Minggu, 19 Agustus 2018. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

Bagikan Artikel :
Komentar
0 Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar yang Relevan dan Sopan

- Gunakanlah Kata-kata yang baik, Sopan dan Santun
- Di larang Keras Berkomentar yang Berbau SARA ,Pornografi,Pelecehan dan Kekerasan

My Link

 
Visit Us : Contact US | Disclaimer | Term Of Service | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2012. Ilmu Komputer dan Pendidikan - All Rights Reserved
www.nurwahid.id by NUR WAHID