.::Berbagi Ilmu Komputer dan Pendidikan::.
Loading...

Penyebab Harddisk Bad Sector

NUR WAHID | 2/17/2015 02:09:00 PM | | | Dilihat 0 kali 0 Komentar
             
 Mungkin anda pernah mengalami komputer/laptop anda kinerja nya lambat, banyak yang berangapan bahwa memori nya kurang besar. saya sering mendapat konsumen yang seperti itu, ingin mengganti/menambah memorinya menjadi lebih besar, dengan alasan kinerja nya lambat.


Terkadang hal seperti itu disebabkan oleh harddisk, dimana kinerja harddisk tersebut sudah melambat/tidak stabil lagi, biasa nya di sebut dengan istilah Bad Sector, .

Apa Itu bad Sector dan apa Penyebabnya ?
berikut Penjelasannya

Bad Sector adalah keadaan dimana satu sektor dalam harddisk atau removable disk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data. hal ini sering terjadi karena beberapa hal, misalnya putusnya koneksi saat adanya proses transfer data atau disebabkan oleh benturan yang menyebabkan kerusakan secara permanen.

Apa sajakah penyebab harddisk bad sector:

1. Komputer Mati Mendadak

Penyebab terjadinya bad sector pada harddisk anda bisa jadi karena dalam mematikan komputer/laptop tidak secara normal. Baiknya mematikan komputer/laptop dengan mengklik tombol shutdown dari sistem operasi anda. Jangan sekali-kali langsung cabut kabel power atau langsung menekan tombol power on-off pada saat komputer/laptop sedang beroperasi.

2. Mati Listrik

Untuk anda yang tinggal di daerah rawan mati listrik dianjurkan menggunakan UPS. Untuk anda yang menggunakan laptop/notebook sebagai pc dianjurkan jangan melepas baterai anda saat menggunakan laptop/notebook, karena dapat merusak komponen laptop/notebook anda, untuk masalah baterai laptop/notebook anda dapat membaca artikel Controlling Battery Perlukah Melepas Baterai Laptop/Notebook?.

3. Jarangnya Maintenance Komputer

Sekali-kali lakukanlah maintenance pada komputer/laptop anda seperti defrag harddisk. Kenapa? Ibarat kamar anda yang selimutnya tidak pernah dirapikan alias berantakan. Sama seperti harddisk, kinerjanya dapat menurun.

4. Terkena Serangan Virus

Serangan virus dapat menyebabkan merusaknya sistem operasi, virus yang dibiarkan dalam menyebabkan komputer sering hang dan restart paksa.

5. Umur HardDisk

Jika menurut anda harddisk anda sudah cukup lama disarankan backup file anda sebelum kinerja harddisk menurun.

6. Kurang/Berlebihan Tegangan

Jika tengangan power supply normal sesuai pemakaian komponen hardware dapat memperpanjang umur harddisk dan terhindar dari bad sector.

7. Human Error

Penyebab keenam yaitu human error (kesalahan manusia) seperti terkena air atau jatuh saat memberiskan komputer/laptop.

8. HardDisk Tertarik Medan Magnet

Penyebab ketujuh tertarik medan elektromagnetik. Jika anda tidak menggunakan case pada komputer anda hindari penaruhan harddisk dari area yang mengandung magnet, seperti speaker, ponsel, dll.

Post By : NUR WAHID | Ilmu Komputer dan Pendidikan

Terimah Kasih telah membaca artikel Penyebab Harddisk Bad Sector. Yang ditulis oleh NUR WAHID .Pada hari Selasa, 17 Februari 2015. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

Bagikan Artikel :
Komentar
0 Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar yang Relevan dan Sopan

- Gunakanlah Kata-kata yang baik, Sopan dan Santun
- Di larang Keras Berkomentar yang Berbau SARA ,Pornografi,Pelecehan dan Kekerasan

My Link

 
Visit Us : Contact US | Disclaimer | Term Of Service | Privacy Policy | Sitemap
Copyright © 2012. Ilmu Komputer dan Pendidikan - All Rights Reserved
www.nurwahid.id by NUR WAHID